Identifikasi Keterampilan Personal Dalam Pembelajaran IPS Kelas 6!
identifikasi keterampilan personal dalam pembelajaran IPS kelas 6!
Penjelasan:
identifikasi keterampilan personal dalam pembelajaran ips sd
identifikasi keterampilan personal dalam pembelajaran IPS SD kelas 6
Jawaban:
Identifikasi keterampilan personal dalam pembelajaran ips sd
Penjelasan:
Semoga Membantu ✌️
Keterampilan personal dalam pembelajaran ips sd kelas 6 adalah
Jawaban:
Menurut saya,keterampilan sosial meliputi; keterampilan berkomunikasi dan bekerjasama. Kecakapan berkomunikasi meliputi kecakapan berkomunikasi secara lisan maupun tulisan. Kecakapan berkomunikasi memiliki indikator antara lain: 1) kemampuan mendengar dengan empati; 2) kemampuan menyampaikan gagasan dengan empati; 3) kecakapan berkomunikasi dengan teknologi; 4) kemampuan meyakinkan orang lain; dan 5) keberanian mengemukakan pendapat. Kecakapan bekerjasama memiliki indikator antara lain: 1) ringan tangan dalam membantu orang lain; 2) menghargai pekerjaan orang lain; 3) mengambil tanggungjawab dari tugasnya. Kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama akan menjadikan seseorang mampu bekerja dalam kelompok dan akan menjadi teman kerja yang menyenangkan, karena akan mampu membangun semangat komunalitas yang harmonis.
Penjelasan:
Keterampilan sosial adalah keterampilan yang diperoleh individu melalui proses belajar yang digunakan dalam berhubungan dengan lingkungannya dengan cara baik dan tepat (Agung Eko Purwana, dkk, 2009: 19). Keterampilan sosial adalah jenis keterampilan yang meliputi keterampilan bekerjasama, gotong royong, tolong menolong, dan sebagainya. Keterampilan ini juga merupakan jenis keterampilan dalam melakukan kegiatan-kegiatan sebagai makhluk sosial untuk memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat. Kosasih Djahiri (Sapriya, 2009: 185) mengemukakan bahwa anak muda perlu turut serta dalam realita kehidupan bukan hanya sebagai penonton, melainkan langsung sebagai pelaku. Namun sebelum dan selama proses partisipasi tersebut, para remaja perlu dibina, dijembatani, dan dibimbing sehingga tidak akan terjadi suatu gap (kesenjangan) yang terlalu lebar antara generasi baru dan lama.
Lebih lanjut Kosasih Djahiri (2009: 186) mengemukakan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan kegiatan partisipasi sosial diantaranya: Kegiatan kemasyarakatan yang melibatkan siswa/remaja memiliki kegunaan timbal balik baik bagi siswa/remaja maupun masyarakat setempat; Kegiatan tersebut akan mendapat bantuan/dukungan pihak lain sepanjang kegiatan itu bersifat positif; kegiatan tersebut akan meran
semoga membantu!
identifikasi keterampilan personal dalam pembelajaran IPS kelas 6!
Penjelasan:
identifikasi keterampilan personaldalam pembelajaran ips sd
identifikasi keterampilan personal dalam pembelajaran IPS kelas 6!
Jawaban:
Sebagai contoh, ambil kurikulum Sekolah Dasar Kelas 6 Semester II:
1. Kompetensi Dasar
Kemampuan memahami gejala alam dan sosial negara Indonesia dan negara tetangga.
2. Materi Pokok
Gejala alam dan sosil negara Indonesia dan negara tetangga.
3. Hasil Belajar
a. Membandingkan gejala alam negara Indonesia dengan negara-negara tetangga.
b. Mendeskripsikan gejala sosial Indonesia dan negara-negara tetangga.
4. Indikator
a. Menunjukkan pada peta letak dan nama negara-negara tetangga Indonesia.
b. Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara tetangga.
c. Membandingkan ciri-ciri gejala sosial di Indonesia dengan negara tetangga.
d. Memberi contoh sikap waspada terhadap gejala sosial di Indonesia.
Setelah memahami hal di atas, maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:
1. Menyajikan masalah
Guru mengajukan masalah dengan pertanyaan sebagai berikut:
Bagaimana gejala alam dan sosial di Indonesia jika dibandingkan dengan negara tetangganya?
2. Mengumpulkan data dan verifikasi data
Siswa mengumpulkan data melalui buku-buku sumber yang berkaitan dengan masalah yang
dirumuskan.
Mengumpulkan unsur baru
Guru dan siswa mencocokkan secara langsung antara infomasi dengan rumusan masalah yang
dirumuskan dan menemukan unsur-unsur baru yang dapat digunakan untuk menjawab masalah.
4. Merumuskan penjelasan
Guru membantu siswa dalam merumuskan penjelasan untuk mnjawab atas masalah secara
mendetail, rapi, dan sistematis.
5. Menganilisis proses inkuri
Siswa menganalisis pola-pola penemuannya dan siswa menilai efektivitas proses inkuiri yang
dilakukan. Kemudian memperbaiki kekurangan yang ada.
Komentar
Posting Komentar